THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES ?

Kamis, 19 Juni 2008

SEKILAS TENTANG E-COMMERCE

E-Commerce dalam Audit

Perkembangan teknologi yang semakin cepat dan canggih sudah menjadi suatu kebutuhan yang tidak bisa dielakkan oleh siapapun termasuk pelakon bisnis, institusi pendidikan, institusi pemerintahan dan berbagai pihak jika tidak ingin tertinggal kereta persaingan kompetitif global. Demikian pula dengan profesi akuntansi dimana auditor diharuskan untuk tetap melangkah mengikuti perkembangan teknologi, auditor masa kini dituntut untuk bisa memainkan peranannya dalam setiap aspek bisnis.

Sekarang ini sebagian besar perusahaan menggunakan bukti elektronik untuk transaksi akuntansinya bukan lagi menggunakan bukti kertas, dengan teknologi informasi transaksi bisnis dilaksanakan melalui pemanfaatan Electronic Commerce(e-commerce), Electronic Fund Transfer (ETF), Electronic Data Interchange (EDI) dan Share Databased. Perubahan teknologi dan sistem informasi ini merupakan tantangan yang harus dihadapi oleh auditor.

Penerapan e-commerce dalam audit tentu memiliki resiko, Resiko apa saja yang mungkin timbul dalam hal ini?

Pada saat entitas bisnis memanfaatkan e-commerce kemungkinan akan timbul pengaruh terhadap komponen resiko audit antara lain: resiko bawaan, resiko bawaan, resiko pengendalian, resiko deteksi. Ada 5 aspek yang mempengaruhi resiko audit: economic interdependence, total systems dependence, potencial loss of transaction trails and data, reliance on third party, loss of confidentiality.

Petunjuk untuk kerangka pengendalian internal lingkungan EDP dapat dilihat dalam SAS No. 56 dan 78.

0 komentar: